adsense motor sport

Rem Motor Sport 250 cc Blong Pada Saat Dipakai Touring

Dear sobat Netizen,

Saat ini saya mau share sedikit pengalaman saya pada saat touring menggunakan Ninja 250 fi bersama dengan beberapa teman dari Club KZOI Chapter Malang yang di komandani oleh bang Jaguar.

Rem motor sport 250 cc blong saat dipakai touring

Saya berangkat bersama om Murdikz asli Blitar yang lagi off liburan kerja dari perusahaan yang ada di Kalimantan. Kesempatan ini tentu saja tidak kami sia siakan ketika ada acara kopdar gabungan chapter Malang, Sidoarjo, dan Surabaya.

Karena rumah saya jauh ada di Talun Kab. Blitar, sedangkan acara kopdar ada di Batu Malang maka saya putuskan untuk mengambil rute Talun, Semen, Krisik, Selorejo, dan seterusnya hingga Ngantang, Pujon, dan Batu Malang.

Rem motor sport 250 cc blong saat dipakai touring 2

Rute yang saya ambil banyak sekali tikungan dan kondisi jalan yang naik turun di tambah lagi saya sebenarnya belum hapal medan tersebut walaupun sebenarnya sering juga sich melalui medan rute tersebut menggunakan mobil.

Karena kondisi jalan yang demikian itulah, maka saya ketinggalan jauh saat om Murdiks memacu Z250 fi nya dengan kencang. Bermodalkan ban Michellin yang bisa untuk jalan basah dan kering, beliau memacu motornya kencang sekali namun terlihat sangat terkendali. Tidak kelihatan goyang dan mencengkeram sangat erat di aspal jalan saat di pakai menikung.

Lain halnya dengan ninin 250 fi  ku yang masih menggunakan ban standar RC Road Winner yang terasa agak licin terutama jika aspal kondisinya basah dan kering bergantian. Makanya saya ketinggalan jauh di belakang.

Selain itu, saya saat itu kurang menggunakan break engine dan selalu dominan menggunakan rem belakang. Selama 90 menit akhirnya kami nyampai juga di Aloon aloon Kota Batu. Di situlah saya agaknya mencium bau gosong dari kampas rem belakang saya. Hanya saja saya pada saat itu tidak begitu merisaukannya.

Setelah kami bertemu dengan rombongan chapter Surabaya dan Sidoarjo yang sangat ramah ramah seperti om Yoseph, om Heru, om Wawan, om Sugeng, om Odhe, dll, maka mulailah kami secara beriringan mengadakan city tour menuju ke cafe Ria Jenaka yang ada di Jalan Bandung Malang. Nach di tengah perjalanan menuju lokasi kopdar itulah saya rasakan tiba tiba rem belakang saya blong dan tidak seratus persen berfungsi dengan benar.

Rem motor sport 250 cc blong saat dipakai touring 3

Saya menjadi risau dan mulai memainkan fungsi break engine untuk pengereman. Untungnya rem depan masih normal jadi tidak begitu masalah sebenarnya. Hanya saja, saya sempat berfikir wah bagaimana nanti saya pulangnya ya? masak ya harus pelan pelan seperti mengendarai motor matic bebek dengan kecepatan tidak lebih dari 90 km/jam hanya gara gara rem blong.

Beberapa menit setelah saya tidak lagi menggunakan rem belakang, dan kemudian saya mencobanya lagi eh Alhamdulillah ternyata rem belakang terasa sangat pakem dan nampaknya kembali berfungsi secara normal.

Oh, jadi kesimpulan sementara yang saya ambil adalah jangan sekali kali menggunakan rem belakang secara terus menerus kecuali pada saat benar benar diperlukan saja. Lakukan break engine dan atur ritme gas pada saat touring terutama pada saat kondisi jalanan macet.

Sesampainya di cafe Ria Jenaka, setelah memesan beberapa makanan dan minuman, saya pun menanyakan hal ini kepada om Murdiks yang memang sudah lama malang melintang di dunia touring me nouring. Pernah juga beliau memacu Z250 fi nya ke Cirebon untuk menghadiri Jamnas Kawasaki.

Rem motor sport 250 cc blong saat dipakai touring 4


Jawaban om Murdiks kawan saya itu ternyata tidak jauh beda dengan kesimpulan yang saya ambil tadi yaitu janganlah menggunakan rem belakang secara terus menerus karena hal ini akan mengakibatkan over heat pada kampas rem yang mengakibatkan daya pengereman menjadi minim dan tentu saja akan membahayakan pengendara motor.

Lakukan break engine dan aturlah ritme gas saat mengendara dan gunakan rem belakang hanya pada saat emergency saja dan bukannya terus menerus yang akan membahayakan pengemudi. Taatilah peraturan lalu lintas dan lakukanlah safety riding.

Anda mengalami pengalaman serupa dengan saya? Salam satu aspal!!!!


6 komentar:

Unknown mengatakan...

Saya selalu mengalami ini entah gimana cara nya agar tidak begitu

Unknown mengatakan...

Saya baru pertama bro, ngeri.. Gmna antisipasinya

© Le Gowwo mengatakan...

Rem blkng blong biasanya diakibatkan dri keseringan injek rem tanpa sengaja ataupun sengaja yg terus menerus,alhasil kaliper dan mnyk rem panasnya panas trus blong. Solusinya, atur ulang jarak main pijakan rem belakang. Jgn terlalu deket, usahain setel agak dalem.

Anonim mengatakan...

Saya juga sama bang..rem g pernah saya injak saya jauhin dri kaki setiap saya kencang pasti rem kosong.tanpa saya injak atau sentuh pake kaki

Kandar aserehe mengatakan...

Ah kacau karena rem kawasaki 250/Fi Ga pakem kurang ngigit karena dia punya kamvas sangat kecil beda sama rivalnya

Unknown mengatakan...

Iya saya juga mengalami rem belakang blong untung pas tidak kenceng, setelah remnya saya pompa2 bisa lagi, jadi kuatir klo pas jalan kenceng, ada solusi pakai ninja fi abs